Wisata  

Wisata Machu Picchu Warisan Dunia UNESCO Peru Terletak di Atas Bukit

Wisata Machu Picchu Warisan Dunia UNESCO Peru Terletak di Atas Bukit

IDKEPOIN – Machu Picchu (bahasa Quechua Machu Pikchu, “Gunung Tua” sering juga disebut “Kota Inca yang hilang”) adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Menurut banyak sarjana, nama aslinya adalah Llaqtapata. Itu dinyatakan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di 1983 dan merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Terletak 2.430 meter di tempat yang sangat indah, di tengah hutan pegunungan tropis, cagar alam Machu Picchu mungkin merupakan pencapaian arsitektur paling menakjubkan dari Kekaisaran Inca pada puncaknya. Dinding, teras, dan landaian raksasanya memberi kesan telah terpahat di tebing batu, seolah-olah mereka adalah bagian darinya. Pengaturan alam, yang terletak di lereng timur Andes, merupakan bagian dari lembah Amazon bagian atas, yang memiliki flora dan fauna yang sangat bervariasi.

Baca Juga :  Menjelajah Wisata Pantai Batu Karas Pangandaran

Machu Picchu dianggap, pada saat yang sama, sebagai mahakarya arsitektur dan teknik. Karakteristik arsitektur dan lansekapnya yang khas, dan selubung misteri yang menyelimuti banyak literatur yang diterbitkan di situs tersebut, telah menjadikannya salah satu tujuan wisata paling terkenal di planet ini, serta salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Sejarah

Machu Picchu Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.

Baca Juga :  Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Wisata Religi Brunai Darusalam

Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.

Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1983, Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007, Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham dari situs tersebut pada awal abad 20.

Baca Juga :  Wisata Yang Menarik Jika Berkunjung di Singapore Jembatan Henderson Waves

Apabila anda ingin berkunjung pada musim hujan (November sampai dengan Maret), bersiap-siaplah dengan penundaan jadwal, karena cuaca buruk dapat menghalangi kepergian anda, baik menggunakan jalur trekking maupun jalur kereta. Harga tiket kereta menuju Machu Picchu adalah harga tiket kereta yang termahal di dunia bila dihitung dari jarak tempuh yang dilalui. Selain itu tiket kereta Machu Picchu sering kali terjual habis, sehingga sangat disarankan untuk memesan tiket pulang dan pergi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *