Wisata  

Taj Mahal Menjadi Wisata Religi India Yang Populer Seluruh Dunia

Taj Mahal Menjadi Wisata Religi India Yang Populer Seluruh Dunia
Taj Mahal India (Pinterest)

IDKEPOIN – Taj Mahal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Taj Mahal makam marmer putih gading Islam di tepi kanan sungai Yamuna di India kota Agra. Itu ditugaskan pada tahun 1632 oleh kaisar Mughal Shah Jahan (memerintah 1628–1658) untuk menampung makam istri favoritnya, Mumtaz Mahal; itu juga merumahkan makam Shah Jahan sendiri. Makam itu adalah inti dari kompleks seluas 17 hektar (42 hektar), yang mencakup masjid dan wisma, dan terletak di taman formal yang dibatasi di tiga sisinya oleh dinding kayu.

Pembangunan mausoleum pada dasarnya selesai pada 1643, tetapi pekerjaan dilanjutkan pada fase lain dari proyek selama 10 tahun. Kompleks Taj Mahal diyakini telah selesai seluruhnya pada tahun 1653 dengan biaya yang diperkirakan pada saat itu sekitar 32 juta, yang pada tahun 2020 akan menjadi sekitar 70 miliar (sekitar US $ 1 miliar).

Baca Juga :  Bupati Ciamis Sampaikan 3 Aspek Strategis Tingkatkan PAD

Proyek pembangunan ini mempekerjakan sekitar 20.000 pengrajin di bawah bimbingan dewan arsitek yang dipimpin oleh arsitek istana kaisar, Ustad Ahmad Lahauri. Berbagai jenis simbolisme telah digunakan di Taj untuk mencerminkan keindahan alam dan keilahian.

Taj Mahal ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983 karena menjadi “permata seni Muslim di India dan salah satu mahakarya warisan dunia yang dikagumi secara universal”. Itu dianggap oleh banyak orang sebagai contoh terbaik arsitektur Mughal dan simbol sejarah India yang kaya. Taj Mahal menarik lebih dari 6 juta pengunjung per tahun dan pada tahun 2007, ia dinyatakan sebagai pemenang inisiatif 7 Keajaiban Dunia Baru (2000–2007). Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga :  Wisata Yang Menarik Jika Berkunjung di Singapore Jembatan Henderson Waves

Etimologi

Abdul Hamid Lahauri, dalam bukunya dari tahun 1636 Padshahnama, menyebut Taj Mahal sebagai rauza-i munawwara, yang berarti makam yang diterangi atau termasyhur. Nama Taj Mahal saat ini diyakini berasal dari bahasa Persia yang berarti “mahkota” (tāj) “istana” (mahall). Nama “Taj” berasal dari korupsi suku kata kedua “Mumtaz”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *