Wisata  

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Wisata Mirip Arc De Triomphe Paris

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Wisata Mirip Arc De Triomphe Paris
Monumen Simpang Lima Gumul Kediri (Pinterest)

IDKEPOIN – Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG adalah salah satu bangunan yang menjadi ikon Kabupaten Kediri yang bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang berada di Paris, Prancis. SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno. Bangunan ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, tepatnya di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Kota Kediri, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri.

Jika Arc de Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang bertempur dan mati bagi Prancis dalam Revolusi Prancis dan Perang Napoleon, namun belum ada kejelasan mengapa dan untuk menghormati siapa Monumen Simpang Lima Gumul Kediri ini dibangun. Dalam beberapa sumber menyebutkan, bahwa didirikannya monumen ini dikarenakan terinspirasi dari Jongko Jojoboyo, raja dari Kerajaan Kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  TB Hasanuddin Meminta Komnas HAM Tunggu Hasil Penyelidikan Terkait Kasus Brigadir J,

Selain sebagai ikon sebuah kota, saat ini SLG juga menjadi sentra (pusat) ekonomi dan perdagangan baru (Central Business District) di Kabupaten Kediri, sehingga diharapkan dapat membuat perekonomian Kediri semakin bertambah maju.

Monumen Simpang Lima Gumul berlokasi di kawasan yang strategis dan dilengkapi dengan beragam sarana umum, seperti gedung pertemuan (convention hall), gedung serbaguna (multipurpose), Bank daerah, terminal bus antarkota dan MPU (Mobil Penumpang Umum), pasar TuGu (Sabtu-Minggu) dan sarana rekreasi seperti wisata air Water Park Gumul Paradise Islanda dan juga Taman Hijau SLG. Di Taman Hijau SLG tersebut terdapat Lokomotif uap sebagai salah satu tempat untuk berswafoto.

Harga Tiket Masuk Simpang Lima Gumul

Baca Juga :  Drama Korea Big Mouth Sub Indo Episode 8

Ketika anda hendak berwisata di Simpang Lima Gumul, nikmati pesona terbaiknya dengan biaya terjangkau. Destinasi wisata murah di Kediri satu ini bisa anda explore kapan saja bersama orang tercinta saat berkeliling kota. Untuk biayanya, anda cukup membayar tiket parkir kendaraan saja ketika mengunjungi Simpang Lima Gumul karena harga tiket masuknya gratis.

(HTM objek wisata murah dan terbaru di Kabupaten Kediri Jawa Timur satu ini bisa berubah setiap waktu). Operasional dari Simpang Lima Gumul sendiri buka setiap hari selama 24 jam, sehingga anda bebas mengunjunginya kapan saja. Dapatkan perjalanan liburan di Kediri yang semakin lengkap dengan jelajah sudut instagramable Gumul Paradise Island.

Alamat dan Rute Lokasi

Menjelajah wisata Indonesia, terkhusus di Jawa Timur dengan destinasi terbaiknya memang tiada habisnya. Karena banyak tempat menarik yang rekomended untuk anda explore ketika menghabiskan hari libur bersama orang tersayang. Salah satu pioner wisata Kediri yaitu bangunan instagenic Simpang Lima Gumul yang menyuguhkan pesona terbaiknya.

Baca Juga :  Seorang Kakek Ditemukan Tewas Menggambang di Aliran Irigasi.

Berada di pusat kota Kediri, anda bisa mengunjungi tempat menarik satu ini dengan mudah menggunakan kendaraan. Lokasi dari Simpang Lima Gumul sendiri beralamat di Tugurejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur. Manjakan jiwa swafoto anda dengan jelajah sudut keindahan dari Simpang Lima Gumul pada malam hari. Karena panorama epic siap memanjakan para pengunjung yang haus akan foto terbaik selama liburan.

Ketika anda mengalami kesulitan saat ingin berkunjung ke Simpang Lima Gumul, cobalah akses peta lokasi berikut. Dapatkan rute perjalanan terbaik untuk menemani dan mempermudah aktivitas liburan anda di Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.