Inilah Daftar Kuliner Khas Bandung Paling Favorit Yang Wajib Dicoba

Inilah Daftar Kuliner Khas Bandung Paling Favorit Yang Wajib Dicoba
Seblak.(Foto: Pinterest)

IDKEPOIN – Kota Bandung memang terkenal dengan wisata kulinernya. Sobat dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang nikmat.

Bandung mempunyai banyak pilihan makanan dan jajanan yang khas. Hal itu membuat banyak pelancong yang sengaja untuk menikmati beragam kuliner.

Nah, bagi sobat IDKEPOIN yang lagi nyari rekomendasi kuliner khas Bandung, Berikut kami rekomendasikan 7 Makanan Khas Bandung yang wajib kalian coba.

1. Seblak

 

Seblak.(Foto:Pinterest)

Tentu disini sudah sangat familiar dong dengan kuliner khas bercitarasa pedas yang satu ini. Yap dia adalah si pedas bernama Seblak.

Seblak adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas.

Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, atau olahan daging sapi dan dimasak dengan kencur.

2. Serabi

 

Serabi.(Foto:Pinterest)

Serabi adalah makanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Adonan serabi dibakar diatas tungku dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari tanah liat.

Baca Juga :  Pemkab Bogor bersama Komisi I DPRD Lakukan Audiensi dengan Presidium Bogor Timur

Dulu serabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya.

Sekarang serabi sudah berinovasi menjadi kuliner dengan berbagai jenis saus dan toping.

3. Cilok

 

Cilok.(Foto:Pinterest)

Nama cilok diambil dari kata “aci dicolok” yang artinya tepung kanji yang ditusuk. Makanan yang terbuat dari tepung kanji dan tambahan bumbu ini kemudian dikukus.

Cilok sendiri adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap dan saus.

4. Cireng

 

Cireng.(Foto:Pinterest)

Mirip dengan Cilok, Cireng atau aci digoreng ini adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka.

Cireng terdiri dari dua jenis yaitu cireng salju dan cireng isi. Makanan ini dibuat dari adonan tepung kanji, tepung terigu, garam, merica bubuk, daun bawang, bawang putih dan air.

Baca Juga :  Drama Korea Big Mouth Episode 10

Makanan ini biasanya disajikan dengan saus sambal atau bumbu rujak.

5. Cimol

 

Cimol.(Foto:Pinterest)

Kalau berbicara menganai kuliner khas Bandung tentu tidak lepas dari bahan makanan yang satu ini yaitu aci atau tepung kanji.

Cimol terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat dan mengembang ketika di goreng. Cimol adalah jajanan cukup populer dengan tekstur renyah di luar dan lembut kenyal di bagian dalam. Biasanya cimol disajikan dengan aneka saus dan bumbu.

6. Mie Kocok Bandung

 

Mie Kocok.(Foto:Pinterest)

Mie Kocok merupakan kuliner khas Bandung yang ada sejak tahun 1958 dengan kuah sapi kental. Mie kocok ini dicampur dengan kikil sapi, sayuran, tauge, bakso, taburan daun bawang dan seledri.

Sajian mie ini disebut kocok karena dalam proses pembuatannya mie dan tauge dikocok dalam wadah loga sembari dicelup ke dalam air panas sampai matang.

Baca Juga :  Beginilah Resep Cara Membuat Tape Ketan


7. Batagor

 

Batagor.(Foto:Pinterest)

Nama batagor diambil dari kata “bakso tahu goreng” yang terbuat dari adonan ikan dan tepung tapioka yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit kemudian di goreng.

Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan perasaan jeruk limau.

Selain 7 kuliner khas Bandung diatas yang wajib sobat coba, aku tambahin 1 lagi yaitu Cuanki. Kenapa aku tambahin karena makanan yang satu ini memiliki makna yang unik. Cuanki sendiri diambil dari kata “cari uang jalan kaki” karena banyak yang menjualnya hanya dengan gerobak.

Sebenarnya masih ada banyak sekali makanan khas Bandung yang wajib sobat IDKEPOIN coba. Namun bagi sobat yang baru mengenal atau datang ke Kota Bandung wajib banget untuk cobain 7 makanan yang aku sebutin diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *