Inilah Beberapa Jenis Sate Nusantara Yang Menggoyang Lidah

Inilah Beberapa Jenis Sate Nusantara Yang Menggoyang Lidah

IDKEPOIN –  Makanan Indonesia yang satu ini dikenal sebagai kuliner khas yang siapa pun wajib mencobanya. Namanya apalagi kalau bukan Sate. Kuliner yang satu ini bisa dibilang jadi identitas wisata kuliner nusantara, hingga wisatawan asing pun memandang panganan ini wajib disantap saat mengunjungi Indonesia.

sate konon mulai muncul dan diminati oleh orang Indonesia pada abad ke-19, di mana pada masa itu dibawa oleh pedagang makanan jalanan (street food) di Pulau Jawa. Saat itu daging kambing dan domba jadi bahannya, ini adalah wujud pengaruh pedagang Arab yang kala itu berdagang di Indonesia.

Makanan yang satu ini tentunya membuat kita tergoda ingin memkanya hanya dengan mencium aroma saat dibakarnya . Namun  tahukah kamu jika di Indonesia memiliki jenis sate yang berbeda – beda , dari bumbu dan bahanya serta pengolahanya , makanan sate ini memiliki khas dan rasa yang berbeda-beda .

Berikut ini 8 jenis Sate khas Indonesia yang  wajib untuk kamu cicipi .

1. Sate Madura

Bisa dibilang, Sate Khas Madura jadi sate yang paling populer di Indonesia. Sate dengan bahan dasar daging ayam atau kambing ini cukup mudah ditemui di manapun.

Baca Juga :  Pemandian Air Panas Ciater Subang Terbesar di Jawa Barat

Sate Khas Madura berciri dari bumbu kacang dan kecap yang dituang di atas daging yang telah dibakar. Sate ini umumnya sering disantap bersama nasi putih, lontong, atau ketupat. Selain itu sering ditambahkan dengan acar yang berisi mentimun , bawang merah dan wortel.

2. Sate Padang

Sate Padang umumnya terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu, lalu dipanggang.

Bedanya dengan yang lain bumbu sate padang ini sangat istimewa , karena bumbunya  adalah saus berwarna oranye kental yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu daging dan, kunyit, bumbu kari, dan sebagainya. Sate ini juga biasa dimakan dengan ketupat .

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate khas sunda yang bisa kamu temukan pada daerah-daerah bandung dan sekitarnya . Terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing.

Bumbu sate ini dibuat dari bumbu khusus, yaitu pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Alhasil sate ini punya aroma wangi yang bakal langsung menggugah selera. Sate maranggi biasa dimakan dengan ketupat atau lontong.

4. Sate Lilit

Baca Juga :  Beginilah Resep Cara Membuat Tape Ketan

Sate yang unik karena dagingnya dililitkan pada tusuk sate ini merupakan makanan khas bali , Sate Lilit terbuat dari daging cincang, yang bisa diambil dari daging sapi, ayam, ikan, babi, hingga kura-kura.

Hal yang juga membuatnya berbeda,Sate Lilit juga dicampur dengan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Kemudian dibungkus melilit dengan tusukan bambu pipih, batang tebu, atau batang serai, lalu dipanggang di atas bara arang. Rasanya berbeda dari satai daging biasa, namun tetap lezat.

5. Sate Buntel

Sate ini terbuat dari cincangan daging sapi atau kambing dengna bagian-bagian tertentu seperti perut atau iga. Daging kemudian dibungkus dengan lemak dan dililit ke tusukan bambu.

Sate ini ukurannya cukup besar, dan sekilas mirip dengan kuliner kebab dari timur tengah. Setelah selesai dipanggang, sate ini kemudian dipisahkan dari tusuknya, diiris-iris, lalu disajikan bersama kecap manis dan merica.sate ini merupakan makan khas daerah solo Jawa Tengah

6. Sate Bandeng

Ini merupakan kuliner khas Serang. Sate Bandeng merupakan hidangan yang cukup unik karena meskipun disajikan layaknya bandeng utuh.

Baca Juga :  Turnamen Liga Gembrong Cup Resmi Ditutup

namun sate bandeng tidak memiliki tulang dan duri sama sekali karena telah melewati pembersihan tulang dan daging dari kulitnya lalu diisi lagi dengan campuran daging bandeng, tepung, dan telur. Sehingga dagingnya halus dan sangat enak dinikmati dengan sambal dan nasi panas.

7. Sate Ambal

Ada yang pernah mencoba sate ambal ? sate ambal merupakan sate khas daerah ambal yang ada di kota kecil jawa tengah Kebumen .

yang unik dari sate ini adalah bumbunya yang memiliki dua variant rasa , selain dengan bumbu kecapnya , sate Ambal juga menggunakan tempe untuk membuat bumbu yang diolah denganrempah – rempah lainya .

8. Sate Klopo

Ini adalah sate khas di Surabaya yang hits. Cara pembuatan sate klopo ini sendiri tak jauh beda dari sate biasanya. Letak perbedaannya hanya pada parutan kelapa yang dibalutkan pada sate saat dibakar sehingga rasa hidangan ini sangat unik.

Sedangkan, cara pembuatan campuran klopo/kelapa pada sate ini cukup sederhana. Parutan kelapa hanya perlu disangrai di wajan dengan api kecil. Hasil akhirnya kelapa parut yang disangrai akan terlihat mirip srundeng tapi rasanya lebih gurih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *